Mobilisasi Sumberdaya dalam Gerakan Literasi: (Studi Pada Gerakan Vespa Pustaka)
Jurnal Society Volume 5 Nomor 1#Juni 2017
PDF (Bahasa Indonesia)

Discipline(s)

Social Sciences

Subjects

Sociology and Political Science, Social Movement

Keywords

Literasi;
Mobilisasi;
Gerakan;
Pemuda

View Counter

  • Abstract viewed - 218 times
  • PDF (Bahasa Indonesia) downloaded - 652 times

Search in:

| |

How to Cite

Febriani, L. (2017). Mobilisasi Sumberdaya dalam Gerakan Literasi: (Studi Pada Gerakan Vespa Pustaka). Society, 5(1), 59-67. https://doi.org/10.33019/society.v5i1.20
Received 2018-11-21
Published 2017-06-01

Abstract

Perilaku literasi merupakan upaya memanfaatkan informasi dari bahan bacaan untuk menjawab beragam persoalan kehidupan manusia sehari-hari, dalam artian ini perilaku literasi bukan sekedar membaca, tapi menulis dan memanfaatkan informasi juga. Di Indonesia, perilaku literasi berada dalam posisi yang memprihatinkan. Dari data yang ada, Indonesia menempati peringgkat ke 60 dari 61 negara di dunia terkait perilaku literasi. Rendahnya perilaku literasi di Indonesia ini menjadikan beberapa kelompok masyarakat maupun individu untuk melakukan gerakan dalam rangka meningkatkan perilaku literasi. Salah satunya adalah gerakan Vespa Pustaka, gerakan ini merupakan gerakan literasi yang diinisasi oleh pemuda di Kabupaten Bangka Selatan. Uniknya, gerakan ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan perpustakaan jalanan di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan dengan menggunakan sarana motor vespa. Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana gerakan ini dapat eksis dan diterima oleh masyarakat di kabupaten Bangka Selatan atau dengan kata lain mobilisasi apa saja yang digunakan oleh Vespa Pustaka dalam melakukan gerakan literasi ini. Dalam membedah penelitian ini digunakan teori mobilisasi sumber daya. Sehingga, dapat dilihat bentuk mobilisasi sumber daya yang digunakan oleh Vespa Pustaka dalam melakukan gerakannya.

DOI : https://doi.org/10.33019/society.v5i1.20
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Creswell, John. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan (Edisi 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewanata Pandu dan Chavcay Syaifullah. 2008. Rekonstruksi Pemuda. Jakarta: Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga.

Idrus, Muhammad. 2002. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga: Yogyakarta.

Situmorang, Abdul Wahib. 2013. Gerakan Sosial: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharko dkk, 2014. Organisasi Pemuda Lingkungan di Indonesia Pasca Orde Baru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sukmana, Oman. 2016. Konsep dan Teori Gerakan Sosial. Malang: Instrans Publishing.

Suyono, S. 2016. Pengembangan Perilaku Berliterasi Siswa Berbasis Kegiatan Ilmiah: Hasil-hasil Penelitian dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).

http://www.femina.co.id/trending-topic/peringkat-literasi-indonesia-nomor-dua-dari-bawah diunduh pada 6 Juni 2017 pukul 12.00.

https://tirto.id/literasi-indonesia-yang-belum-merdeka-bBJS diunduh pada 6 Juni 2017 pukul 10.04.

Copyright (c) 2017 Owned by the Authors, published by Society

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.