DINAMIKA POLITIK "KETERWAKILAN" DI BABEL: Studi Awal Pemilukada Gubernur Bangka Belitung Tahun 2017
Jurnal Society Volume 4 Nomor 1#Juni 2016
PDF (Bahasa Indonesia)

Discipline(s)

Social Sciences

Keywords

Dinamika Politik;
Keterwakilan;
Bangka Belitung

View Counter

  • Abstract viewed - 73 times
  • PDF (Bahasa Indonesia) downloaded - 41 times

Search in:

| |

How to Cite

Ranto, R. (2016). DINAMIKA POLITIK "KETERWAKILAN" DI BABEL: Studi Awal Pemilukada Gubernur Bangka Belitung Tahun 2017. Society, 4(1), 71-80. https://doi.org/10.33019/society.v4i1.37
Received 2018-11-22
Published 2016-06-01

Abstract

Sebagai sebuah provinsi yang memang secara spasial ditakdirkan untuk terpisah oleh daratan dua pulau yang besar, keterwakilan kekuatan-kekuatan politik yang dimanifestasikan dengan kewajiban “Putra Daerah” harus ditampilkan merupakan kenyataan politik yang tidak bisa dihindarkan. Alasannya, agar aspirasi politik dan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa dilaksanakan secara maksimal dan merata (tanpa ketimpangan) sehingga diperlukan adanya keterwakilan dari “Putra Daerah”di kedua pulau ini. Oleh karenanya, tulisan singkat ini mencoba untuk menggugat pengarus utamaan isu kedaerahan di atas isu kemiskinan, banjir, kerusakan lingkungan dan lain sebagainya Berdasarkan dua pengalaman Pemilukada Gubernur secara langsung di tahun 2007 dan 2012 yang lalu memberikan beberapa catatan khusus terkait dengan keberadaan politik berbasis primordial di Babel: kewajiban untuk mengakomodasi putra-putra daerah terbaik dari kedua gugusan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Fenomena demikian secara elektoral memang penting untuk dipertimbangkan agar mendapatkan dukungan simpatik pemilih di Babel. Tulisan ini menelusuri aktor yang melatarbelakangi menguatnya kecenderungan politik berbasis kedaerahan. Paling tidak, saya menawarkan beberapa kerangka pendekatan melalui perubahan institusional dan ketersumbatan keterwakilan politik untuk menjelaskan dinamika politik yang begitu dominan di Babel.
DOI : https://doi.org/10.33019/society.v4i1.37
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Bangkapos, “Hidayat Arsani Lebih Ingin Darmansyah Husein atau Andrea Hirata Mendampinginya”, Kamis 25/02/2016.

Bangkapos, “Gubernur Harus Orang Bangka Itu Menyesatkan”, Sabtu 27/02/2016.

Bangkapos, “Mantan Bupati Bangka Calon Ideal Pendamping Rustam Maju Pilgub 2017”, Rabu, 2/02/2016.

Evans, Kevin. R, 2003, “Sejarah Pemilu dan Parpol di Indonesia”, PT. Arise Consultancies, Jakarta.

Noor, Firman, 2008, “Demokratisasi dan Kebangkitan Politik Identitas Primordialisme di Indonesia: Akar Penyebabnya, Kecenderungan dan Alternatif Solusi”, Makalah, Tidak Dipublikasikan.

Ranto, 2014, “Perilaku Memilih Etnis Tionghoa: Studi Kasus Perilaku Memilih Masyarakat Etnis Tionghoa Pada Pemilu Legislatif DPR Tahun 2009 di Kabupaten Bangka”, Tesis S2 Ilmu Politik UGM, Tidak Dipublikasikan.

Ranto, dkk, 2007, “Birokrasi Meritokrasi: Peluang dan Tantangan dalam Masyarakat Spasial di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, Makalah, Tidak Dipublikasikan.

Salim HS, Hairus, dkk, 1999. “Tujuh Mesin Pendulang Suara: Perkenalan, Prediksi, Harapan Pemilu 1999”, LKIS, Yogyakarta.

Tim PLOD UGM, 2004, “Sungai Kecil Buayanya Banyak: Memetakan Problema Politik Ekonomi Provinsi Baru (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, Draf Laporan Penelitian Integratif S2 Politik Lokal dan Otonomi Daerah, Tidak Dipublikasikan.

Copyright (c) 2016 Owned by the Authors, published by Society

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.